Shofi'is Blog

PENGUNJUNG BLOG YANG TERHORMAT, APABILA INGIN MENGUTIP INFORMASI ATAUPUN ARTIKEL DARI BLOG INI DIMOHON UNTUK MECANTUMKAN BLOG INI SEBAGAI SUMBER ACUAN ATAU REFERENSI, TERIMAKASIH

Selasa, 29 November 2011

Mahasiswa di 74 Perguruan Tinggi Terima Beasiswa

Sebanyak 488 mahasiswa dari 74 perguruan tinggi di Indonesia menerima Beasiswa Plus dari Djarum Foundation. Para mahasiswa ini berasal dari 39 kota di 24 provinsi di empat pulau Indonesia yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Mereka terpilih dari 4.164 pelamar. Para penerima beasiswa yang biasa disebut Beswan Djarum akan menerima sokongan dana sebesar Rp750 ribu per bulan selama tahun ajaran 2011/2012. Beasiswa diberikan hanya selama satu tahun.


Selain beasiswa, selama satu tahun para mahasiswa juga menerima sejumlah keuntungan. "Kami juga memberikan pelatihan soft skills dan kesempatan membangun jejaring sosial atau networking dengan beswan lainnya di Indonesia," ujar Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H. Serad di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (29/11/2011). Menurut Primadi, program beasiswa yang tidak hanya mengandalkan dana segar merupakan cara untuk memperlengkapi mahasiswa memasuki dunia kerja. Dalam program soft skills, mahasiswa diberikan pelatihan kepemimpinan, menulis, dan motivasi diri.
"Kami sangat menekankan pentingnya soft skills untuk mereka. Karena berdasarkan survei, kebanyakan perusahaan tidak mencari akademik dan pengalaman, tapi semangat dan komitmen. Inilah yang kami ajarkan di soft skills," jelasnya.


Salah satu penerima beasiswa untuk tahun ajaran 2011/2011 adalah Bonita. Mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung ini mengaku bangga menerima Beasiswa Plus. "Saya merasa bangga terpilih karena melalui proses penyeleksian yang ketat," jelasnya. Djarum Beasiswa Plus merupakan program Corporate Social Reponsibilities (CSR) dari PT Djarum. Beasiswa yang diberikan sejak 1984 ini telah menelurkan sebanyak 6.786 alumni. Beasiswa ini hanya berlaku untuk mahasiswa semester lima di perguruan tinggi Indonesia, mempunyai IPK minimal 3,00, serta aktif berorganisasi di kampus.


Primadi menjelaskan, Djarum hanya menargetkan mahasiswa semester lima karena mudah terpantau. "Ketika semester lima, mahasiswa sudah terlihat prestasi akademisnya. Selain itu bisa terlihat apakah dia aktif dalam organisasi kampus atau tidak," jelasnya. Untuk tahun ajaran 2011/2012, Djarum Beasiswa Plus mengadakan kegiatan Nation Building di Semarang, Jawa Tengah pada 25-29 November 2011. Di acara bertema Indonesia Digdya ini, mahasiswa mendapatkan wawasan kebangsaan dan Pancasila. Mereka mengikuti talk show dan diskusi kebangsaan. Mereka juga melakukan kunjungan budaya ke Kota Kudus, dan pagelaran seni dalam acara Malam Dharma Puruhita. Diharapkan, dengan adanya acara ini generasi muda semakin mencintai dan mengenal pluralitas Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com